SEDERET INFO-INFO

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu info yang lagi trendy di tahun 2016, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website, info cpns 2016, dan lain sebagainya dan juga info seo 2016

28 May 2015

Nama Agen Intelijen atau satuan khusus yang sering nongol di film Hollywood

1. CIA (Central Intelligence Agency)


Tentu saja Badan Intelijen yang satu ini adalah yang paling popular di film Hollywood selain FBI. Tak asing tentunya para Movister mendengar para aktor Hollywood memerankan karakter sebagai agen rahasia CIA.  Di Amerika Serikat sendiri terdapat sekitar 16 Badan Intelijen yang tergabung dalam Komunitas Intelijen . Salah satunya adalah CIA atau Central Intelligence Agency. CIA merupakan Lembaga Independen artinya adalah Badan Intelijen yang berdiri sendiri (bukan dibawah naungan Departemen Lain). Namun sebagai lembaga eksekutif, CIA berada dibawah Director of National Intelligence. CIA dibentuk pada 18 September 1947 untuk menggantikan Office of Strategic Services (OSS) yang dibentuk pada PD II dan dan "menghapus fungsi polisi atau penegakan hukum di dalam maupun luar negeri". Tugas utama CIA Adalah (1)Mengumpulkan informasi seputar pemerintah asing, perusahaan, dan individu, (2)Menganalisis informasi tersebut beserta hasil intelijen dari badan inteljen AS lainnya untuk menghasilkan penilaian intelijen keamanan nasional yang diajukan pada pembuat kebijakan senior Amerika Serikat, (3)Melaksanakan atau mengawasi aktivitas tertutup dan beberapa operasi taktis oleh karyawannya sendiri, anggota militer AS atau rekan lainnya atas permintaan Presiden Amerika Serikat.
Markas CIA (George Bush Center for Intelligence ), terletak di Langley Virginia, beberapa mil sebelah barat Washington DC. Karyawannya bekerja di kedutaan A.S dan sejumlah lokasi lain diseluruh dunia bahkan CIA pun memberikan sekolah pelatihan khusus. Semboyan CIA adalah “And you shall know the truth and the truth shall make you free”. Beberapa sumber menyebutkan CIA melakukan eksperimen control-pikiran untuk mengeksplorasi memori otak, pura-pura berkepribadian ganda (banci), pura-pura gila atau pengakuan palsu. Cara kontrol pikiran itu adalah dengan cara menempatkan elektroda pada otak dan mengendalikan perilaku mereka dengan pemancar remote yang dirancang sedemikian rupa, sehingga bisa mengontrol fungsi otak dan emosional para objeknya.


Film Hollywood yang memakai CIA sebagai bagian dari tema ceritanya diantara adalah Body of Lies, Bourne Trilogy, Collateral Damage, Agen Cody Bank, The Good Shepherd, Confessions of a Dangerous Mind, Argo, Zero Dark Thirty, dan masih banyak lagi.


2. FBI (Federal Bureau of Investigation)


Inilah nama Agen Rahasia yang kali pertama aku tau dari Film Hollywood, bahkan dulu mikirnya agen rahasia itu adanya ya hanya FBI ini, tapi ternyata setelah ribuan film aku tonton, baru ketauan ternyata Agen Rahasia di Amerika bahkan dunia itu buanyakkkkk buanget.. belum lagi para Agen-Agennya. Yach.. FBI (Federal Bureau of Investigation) atau Biro Investigasi Federal merupakan salah satu bagian dari Komunitas Intelijen Amerika dibawah naungan Departeman Kehakiman Amerika Serikat. FBI memiliki yurisdiksi (wilayah/daerah tempat berlakunya sebuah undang-undang yang berdasarkan hukum) investigasi atas pelanggaran lebih dari 200 kategori kejahatan federal dan sebab itu FBI memiliki otoritas investigasi yang terluas dari badan penegak hukum lainnya di Amerika Serikat. FBI didirikan pada 26 Juli 1908 dengan nama BOI (Bureau of Investigation), kemudian diubah menjadi FBI pada tahun 1935. Markas FBI J. Edgar Hoover Building terletak di Washington, DC. memiliki lima puluh enam kantor lapangan yang berlokasi di kota-kota besar di seluruh Amerika Serikat, dan lebih dari 400 lembaga penduduk di kota-kota kecil dan daerah di seluruh bangsa. Lebih dari 50 kantor internasional yang disebut "atase hukum" ada di kedutaan besar AS dan konsulat di seluruh dunia umumnya. J. Edgar Hoover adalah pimpinan tertinggi dan perumus utama dan menjabat sebagai Direktur pertama B.O.I, D.O.I, dan F.B.I dan berdinas selama 48 tahun.
Tujuan utama FBI adalah untuk melindungi dan membela Amerka Serikat, untuk menegakkan hukum pidana dari Amerika Serikat, dan untuk memberikan peradilan pidana federal, negera bagian, kota dan lembaga international dan mitra. Sedangkan prioritas utama investigasi FBI adalah (1) Melindungi Amerika Serikat dari serangan teroris, (2)Melindungi Amerika Serikat terhadap operasi intelijen asing dan spionase, (3)Melindungi Amerika Serikat terhadap serangan cyber dan kejahatan berbasis teknologi tinggi, (4)Memerangi korupsi publik di semua tingkat, (5)Melindungi hak-hak sipil, (6) Memerangi organisasi kejahatan transnasional / nasional dan perusahaan.


Kalau membahas FBI di film Hollywood, pasti udah ngga ngebayang betapa banyaknya, mungkin diantaranya yang paling berkesan buat aku adalah J.Edgar, film asal mula dibentuknya FBI lebih lebih tokoh yang memerankan adalah Matt Damon, selain itu masih ada banyak lagi seperti Breach, Big Momma’s House, Bad Boy, The Heat, Departed, Miami Vice, Chatch Me If You Can dan masih buanyakkk banget.
Perbedaan CIA dan FBI




CIA

FBI

1.

Berperan sebagai Badan pengak hukum, mengumpulkan informasi intelijen berkaitan dengan keamanan dalam negeri dan melakukan penyelidikan kejahatan

Lembaga intelijen internasional yang tidak bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri.

2.

Lebih mengarah ke penyelidikan terhadap kejahatan

Mengumpulkan informasi intelijen.

3.

Memiliki jangkauan yang lebih luas dibanding CIA. Menangani isu-isu intelijen domestik, FBI juga memiliki kantor di luar negeri untuk mengkoordinasikan pengumpulan informasi.

Memiliki jaringan lebih luas, peralatan, serta personil di luar negeri.
Fokus utama CIA adalah intelijen internasional

4.

Menangani masalah penegakan hukum dalam negeri.

Tidak menangani penegakan hukum.

5.

Awalnya, FBI merupakan sebuah tim khusus yang dikirim untuk menyelidiki kejahatan luar biasa serta mendukung penegakan hukum setempat.

CIA dirancang menjadi sebuah badan intelijen rahasia, dengan otonomi lebih luas atas anggaran dan staf dibanding lembaga lainnya.

3. NSA (National Security Agency)


Memang tidak sefamiliar saudara-saudaranya yang aku sebutkan diatas, namun paling tidak dalam beberapa film Hollywood Badan Intelijen satu ini pernah disebut-sebut. Badan ini mungkin setara dengan BIN (Badan Intelijen Indonesia) punyanya Indonesia. NSA (National Security Agency) adalah sebuah agen Kriptografi (Ilmu dan Seni untuk menjaga kerahasiaan berita) milik pemerintah Amerika Serikat, didirikan oleh Presiden Harry S. Truman pada 4 November 1952. NSA merupakan Badan Intelijen yang berdiri dibawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan dikepalai oleh seorang direktur dari militer AS berpangkat Letnan Jendral  atau Laksamana Madya, badan ini merupakan komponen kunci dari Komunitas Intelijen AS yang dipimpin oleh Direktur Intelijen Nasional. NSA bertugas mengumpulkan dan menganalisis komunikasi negara lain, serta melindungi informasi milik Amerika Serikat. Selain itu, NSA melindungi komunikasi pemerintah dan system informasi  di AS dari agensi lainnya. Dibandingkan CIA, NSA lebih mengarah pada kepentingan keamanan dlam negeri dan sering berkoordinasi dengan FBI. Kegiatan-kegiatan NSA meliputi penyadapan dan pengamanan. NSA merupakan organisasi yang mempekerjakan ahli Matematika  dan memiliki superkomputer terbanyak di dunia.  Markas besar NSA terletak di Fort George G. Meade, Maryland, sekitar 16 km di Timur Laut Washington DC.


Film yang mengusung tema NSA diantaranya  Enemy of the State, Die Another Day, Live Free or Die Hard, Harold&Kumar from Guantanamo Bay.
4. DSS (Diplomatic Security Service)


Tentu saja Agen yang satu ini cukup familiar dan popular lebih-lebih setelah Fast Furious memunculkan karakter fiksi Luke Hobs sebagai salah satu agen DSS. Pertama kali berdiri pada tahun 1961 dengan nama Bureau od Secret Intelligence, pada tahun 1945 berubah nama menjadi Office of Security (SY) dan pada tahun 1985 berganti nama lagi menjadi Diplomatic Security Service (DSS) hingga sekarang. Motto DSS adalah Protecting Americand Around the World. DSS (Diplomatic Security Service) adalah badan penegak hukum federal militer yang berada dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Mayoritas Agen Khususnya adalah anggota dari Dinas Luar Negeri dan juga agen penegak hukum federal. DSS adalah instansi penegak hukum federal, terutama terdiri dari agen-agen federal AS yang mempunyai mandat untuk melayani urusan keamanan di luar negeri dan dalam negeri. Sebagai agen federal semua Agen

Khusus DSS memiliki kekuasaan untuk menangkap, membawa senjata api, dan melayani surat perintah penangkapan dan proses pengadilan lainnya. Agen Khusus DSS melindungi Sekretaris Negara dan pejabat asing. DSS merupakan pemimpin dunia dalam penyelidikan internasional, analisis ancaman, keamanan cyber, kontra terorisme, dan teknologi keamanan dan perlindungan masyarakat, property dan informasi. Selain menyelidiki kejahatan yang melibatkan Paspor dan visa penipuan, agen DSS terlibat dalam penelitian lain seperti investigasi kontra intelijen. Dalam kerjasama dengan badan-badan AS yang tepat seperti FBI dan CIA, DSS membantu dalam menangkap buronan yang melarikan diri dari Amerika Serikat . (pantas saja Hobs punya akses ke Rusia, London, dan Spanyol. Kira-kira gajinya berapa ya???hahaa).
5. MI6 (Military Intelligence, section 6)


Nama Badan intelijen yang satu ini pastinya juga tak kalah tenar dibandingkan dengan Agent-agent sebelumnya. Jangan salah sangka, MI disini bukannya Mission Imposible lho, dan tentunya juga tidak sama dengan MI milik Amerika (Army Military Intelligence) tapi MI6 (Military Intelligence, section 6) ini adalah sebuah badan intelijen eksternal Britania Raya (Inggris). Dinas ini bekerja dibawah arahan Komite Intelijen Gabungan (Joint Intelligence Committee, JIC) dan bekerja sama dengan Dinas Keamanan (Security Service, MI5), Markas Komunikasi Pemerintah (Government Communications Headquarters, GCHQ) dan Staf Intelijen Pertahanan (Defence Intellogence Staff, DIS). Dinas Intelijen ini dikenal juga dengan Dinas Intelijen Rahasia (Secret Intelligence Service, SIS). Awalnya keberadaan MI6 sangat dirahasiakan dari public, hanya Perdana Menteri Britania Raya dan pejabat tertentu saja yang tahu. Kebiasaan unik dari MI6 adalah menyebut pimpinan mereka dengan saru huruf, missal Sir Mansfield Cumming menyebut dirinya dengan nama “C”. Badan ini berdiri pada tahun 1909 dengan nama Secret Service Bureau. Awalnya bertugas untuk mengendalikan operasi intelijen rahasia di Inggris dan luar negeri, terutama berkonsentrasi pada kegiatan Imperial Pemerintah Jerman. Biro kemudian dipecah menjadi angkatan laut dan bagian militer (khusus dalam spionase asing dan kegiatan kontra spionase internal). Ketika Perang Dunia Pertama dimulai, dua bagian mengalami perubahan administrasi sehingga bagian asing menjadi Direktorat Intelijen Militer Bagian 6 (MI6). Menurut tugas, MI5 adalah dinas keamanan/pengamanan (security service). Sedang MI6 adalah intilijen rahasia (secret intelligence service), yang lazimnya disebut SIS. Meskipun MI6 adalah badan intelijen Inggris, namun sepak terjangnya diluar negeri tidak bisa dipandang sebelah mata, bahkan MI6 sering terlibat dalam usaha menggulingkan/ membunuh pimpinan Negara lain seperti


Salah satu film yang mengsung tema MI6 adalah Agen 007 James Bond, tapi mungkin kita tidak perlu membayangkan real agen MI6 akan dibekali peralatan high teknologi seperti yang ada difilm-film action tersebut. Mungkin para agent itu harus benar-benar berjuang dengan kemampuan dan keberanian mereka, bahkan untuk tewas sekalipun.
6. DEA (Drug Enforcement Administration)


Badan yang masuk dalam Komunitas Intelijensi Amerika Serikat ini berada dibawah naungan Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Dari namanya sudah terlihat jelas bekerja dalam bidang apa Agen yang satu ini. DEA (Drug Enforcement Administration) adalah lembaga penegak hukum federal Amerika Serikat bertugas memerangi penyelundupan narkoba dan penggunaannya di Amerika Serikat. DEA juga berbagi yurisdiksi bersamaan dengan FBI dan Imigrasi serta Bea Cukai (ICE) untuk mengkoordinasikan dan pengejaran investigasi obat terlarang AS di luar negeri.


Film baru yang mengangkat karakter agen DEA diantaranya Homefront yang diperankan oleh Jason Statham, 2 Guns (Danzel Washington dan Mark Wahlberg), The Heat (Sandra Bullock)
7. MOSSAD (Ha-Mossad le-Modiin ule-Tafkidim Meyuhadim)


Awalnya aku cukup asing mendengar nama Agen ini ketika menonton film Fast Furious 5, tapi ternyata ketika menyaksikan film lain (lupa film apa), nama Badan Intelijen asal Israel ini pun disebut-sebut. Ternyata Mossad tidak cukup agen rahasia, namun sepak terjangnya sudah luar biasa. Mossad sendiri merupakan Institut Intelijen dan Operasi Khusus dinas rahasia milik Israel. Operasinya terutama mengawasi bangsa-bangsa dan organisasi Arab di seluruh dunia. Mossad dianggap momok bagi dunia Arab,bahkan dianggap sebagai Dinas INtelijen terbaik dan tersukses di dunia. Lembaga ini bertanggung jawab untuk intelijen, misi penyamaran, dan kontra teroris, juga bertanggung jawab atas pemindahan warga Yahudi keluar dari Suriah, Iran dan Ethiopia. Dibentuk pada 1 April 1951 oleh Perdana Menteri Israel David ben Gurion, selain tujuan diatas pembentukan Mossad juga bertugas sebagai garis depan pertahanan. Badan Intelijen Israel, Mossad, bertanggung jawab untuk pengumpulan intelijen, kontra-terorisme dan berbagai operasi rahasia. Kantor pusatnya di Tel Aviv. Diduga Mossad bertanggung jawab atas sejumlah operasi intelijen di dunia, mereka menempatkan umat bangsa Arab sebagai ancaman utama Israel, mereka juga mempunyai klab malam di Libanon bernama The Star yang kerap menjadi ajang pertemuan para agennya.  Sayap Mossad yang paling terkenal adalah "Divisi Operasi Khusus" atau "Metsada", The Metsada telah terlibat dalam beberapa pembunuhan, operasi paramiliter, sabotase, dan perang psikologis.


Ketenaran Mossad mungkin akan lebih meningkat setelah Justin Lin mengangkat karakter Giselle sebagai mantan Agen Mossad dalam franchise Fast Furious.
8. S.W.A.T (Special Weapons And Tactics)


Team yang satu ini memang bukan bagian dari Badan Intelijen, namun Satuan atau Team khusus dari Departemen Kepolisian. Beberapa sumber menyatakan bahwa penggunaan pertama "SWAT" sebagai singkatan dari "Senjata Khusus dan Taktik" adalah Senjata Khusus dan Taktik Skuad yang dibentuk oleh Departemen Kepolisian Philadelphia pada tahun 1964, namun ternyata lebih kalah popular dari SWAT bentukan Departement Kepolisian Los Angeles (LAPD) yang dibentuk pada 1967 dengan Daryl Gates sebagai Inspekturnya. Sedangkan citra publik SWAT pertama kali dikenal melalui LAPD, mungkin karena kedekatannya dengan media massa dan ukuran profesionalisme Departemen itu sendiri.


Ketenaran SWAT di LA pun kemudian membuat Dinas kepoliasn dikota-kota besar membentuk tim sejenis dengan nama yang berbeda-beda. Nama S.W.A.T mungkin langsung melejit saat sebuah film Hollywood mengangkatnya sebagai judul film. S.W.A.T (Special Weapons And Tactics) adalah team elite yang bernaung dalam satuan Kepolisian Dunia, team polisi terbaik, tercerdik dari semua polisi dunia. Sesuai dengan namanya, merupakan penegak hukum yang menggunakan senjaa ringan ala mileter dan taktik khusus dalam operasi beresiko tinggi yang kemampuannnya melebihi polisi berseragam. SWAT umumnya bekerja secara international. Tugas mereka diantaranya menghadapi penjahat bersenjata, melakukan penyelamatan sandera dan operasi kontra-terorisme, memasuki bangunan lapis baja atau barikade. Unit tersebut sering dilengkapi dengan senjata api khusus termasuk senapan mesin ringan, senapan serbu, senapan sniper, agen pengendali kerusuhan, dan granat. Mereka memiliki peralatan khusus termasuk baju besi, kendaraan lapis baja dan detektor gerakan untuk menentukan posisi sandera atau penyandera. Menurut sumber (http://www.unikgaul.com/2013/04/8-pasukan-khusus-pemberantas-teroris.html) SWAT adalah satu-satunya team elite yang dalam pergerakannya tanpa menggunakan alat komunikasi bahkan radio, mereka menciptkan alat komunikasi mereka sendiri dengan nama HAND SIGNAL, atau Bahasa isyrat dengan menggunakan tangan.
9. LAPD (The Los Angeles Police Department)


Mendengar namanya sudah jelas kalau satuan ini bagian dari Kepolisian. Banyak sekali film Hollywood yang menjadikan anggota LAPD sebagai karakter dalam film mereka. LAPD (The Los Angeles Police Department) adalah departemen kepolisian kota Los Angeles, California. Merupakan instansi penegak hukum terbesar ketiga di Amerika Serikat setelah Departemen Kepolisian New York City dan Departemen Kepolisian Chicago. Departemen ini juga telah dikaitkan dengan sejumlah kontroversi, terutama berkaitan dengan kebencian rasial, kebrutalan polisi dan korupsi polisi. Pertama didirikan pada tahun 1853 sebagai Angeles Los Rangers. Kalau LAPD dan NYPD lebih sering nongol di serial televisi daripada movie karena cenderung mengurus kasus diwilayah tertentu saja misal New York atau Los Angles saja).





Film bertema LAPD diantaranya LAPD: To Protect and Serve, Lakeview Terrace, End dan Watch, Gangster Squad
10. NYPD (The New York City Police Department)/NYCPD


Seperti halnya LAPD, kalau NYPD ini adalah satuan kepolisian milik New York City. Dari segi tugas dan pekerjaan, mungkin tidak jauh berbeda. Kedua nama satuan kepolisian ini juga sering wara wari di film Hollywood. NYPD (The New York City Police Department) didirikan pada tahun 1845 , dan merupakan kepolisian yang terbesar kota di Amerika Serikat. memiliki tanggung jawab utama dalam penegakan hukum dan penyelidikan dalam lima distrik di New York City. NYPD adalah salah satu departemen polisi tertua yang didirikan di Amerika Serikat. Anggota NYPD sering disebut dengan julukan New York Finest. NYPD memiliki cakupan yang luas dari layanan khusus, termasuk Unit Layanan Darurat, Pelabuhan Patroli, Pembungan Bom, Anti Terorisme, Intelijen Kriminal, Anti geng, Narkotika, dan lain-lain. Misi NYPD adalah untuk "menegakkan hukum, menjaga perdamaian, mengurangi ketakutan, dan menyediakan lingkungan yang aman". NYPD bermarkas di One Police Plaza, terletak di Park Row di Lower Manhattan. NYPD memiliki TKP penyelidikan ekstensif dan sumber daya laboratorium , serta unit yang membantu penyelidikan kejahatan komputer.


Film untuk NYPD diantaranya NYPD Red, Bone Collector, Die Hard.
11. DELTA FORCE (1st Special Forces Operational Detachment-Delta)


Delta team adalah pasukan khusus yang dibentuk di USA dan salah satu pasukan elite yang dimiliki Amerika. Merupakan komponen Angkatan Darat AS Komando Khusus Gabungan. Delta Force adalah unit kontra-terorisme utama Amerika Serikat militer. Hal ini sering disebut di media AS sebagai Unit Misi Khusus.

Merupakan sauna khusus dimana awal pembentukan, anggotanya berasal dari warga sipil Amerika dan dilatih keras di Baghdad, Irak dan delta force adalah satu-satunya pasukan khusus tertua yang masih aktif dari perang dunia ke 2 hingga sekarang. Tugas utama Delta Force adalah kontra-terorisme, aksi langsung, dan operasi intervensi nasional.
12. SEAL (The United States Navy's Sea, Air, Land Teams)


Adalah pasukan operasi khusus utama Angkatan Laut AS. "SEAL" selalu dikapitalisasi mengacu pada anggota komunitas Warfare Khusus Naval. Singkatan ini berasal dari kapasitas mereka untuk beroperasi di laut, di udara, dan di darat. SEAL adalah anggota laki-laki dari Angkatan Laut Amerika Serikat. Dibentuk pada Januari 1962, dengan moto “The Only Easy Day Was Yesterday”, It Pays to be a Winner”. Seal team satu-satunya team yang unggul pada area perairan dan penyergapan, mereka dapat menghancurkan instalasi jaringan perang bawah air tanpa diketahui sensor apapun, mantap di dalam perairan berawa-rawa.


Film bertema SEAL diantaranya Act of Valor, Seal team Six,  GI Jane, dan lain-lain
www.lihatin.com. Powered by Blogger.
Back To Top