SEDERET INFO-INFO

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu info yang lagi trendy di tahun 2016, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website, info cpns 2016, dan lain sebagainya dan juga info seo 2016

4 May 2015

fakta unik dari kedai kopi Starbucks




1.    Starbucks didirikan oleh  Jerry Balwin yang berprofesi sebagai guru bahasa inggris, Zev Siegl seorang guru sejarah, Gordon Bowker seorang peunulis pada tanggal 30 Maret 1971.

2.    Awal mula didirikan Starbucks karena terinspirasi oleh Alafret Peet seorang pemanggang kopi yang tokonya bernama “ Peet’s”.

3.    Awal nama Starbucks adalah Pequod yang dambil dari nama kapal pemburu Mobu-Dick, namun nama tersebut ditolak oleh pendiri pendamping.

4.    Kedai pertama kali dibuka di Seatlle, Washington.

5.    Tahun 1986 Starbucks memiliki 6  kedai di Seatlle.

6.    Sejak 1987 Starbucks berkomitmen menambah 2 kedai setiap hari di berbagai negara.

7.   Bagi Starbucks kualitas dan standar adalah yang utama maka dari itu tidak ada frainchise di Starbuck Corporation.

8.  Awalnya Starbucks membeli biji kopi hijau di Peet’s dan kemudian mulai beralih ke pasar hingga petani langsung.

9.    Kedai yang dibuka pertama kali di luar Amerka Utara adalah di Tokyo Jepang.

10.    Kopi dan minuman yang dijual berbasis espreso.

11.    Memiliki simbol Nasdaq: Sbux.

12.    Ada banyak pilihan menu Di Starbucks, jika semua menu yang ada si seluruh kedai di dunia ini dihitung maka akan memperoleh jumlah 87.000 pilihan menu.

13.    Toko selalu dibuka 10 menit lebih awal dari jadwal dan tutup 10 menit lebih lama dari jadwal.

14.    Jika Starbucks adalah sebuah tok kue maka akan menjadi yang terbesar di Amerika Serikat. Namun, jumlah kalori yang tersimpan dalam kue Cinamon Chip labih besar dari Mc Donald’s Quarter Pounder Sanwich yaitu sebesar 480 kalori.

15.    Starbucks menargetkan pada tahun 2015 ada 1000 kedai yang beridiri di China.

16.    2,3 miliar cangkir kertas per tahun telah dihabiskan oleh Starbucks.

17.    Terdapat 40.000.000 pelanggan yang telah di layaninya per minggu.

18.   Sebanyak 93 juta galon susu telah digunakan dalam pembuatan menu yang ada di Starbucks selama setahun.

19.    $ 300 juta asuransi telah di habiskan untuk semua karyawan baik itu paruh waktu maupun full time.

20.    Kopi Grande memiliki 320 miliar kafein, 4 kali lebih banyak dari pada minuman Red Bull.


21.    Kapasitas yang dimilki kopi Trenta sebesar 916 mililiter, padahal perut manusia memiliki kapasitas 900 militer.

22.    Starbucks menganggap karyawan adalah mitra kerja dan semua karyawan diperlakukan sama.

23.    Starbucks tidak dapat menaklukan Australia dengan kopinya, pada tahun 2000 berhasil membuka tokonya di Sidney dan akhirnya menyebar, namun para pelanggan banyak yang komplain karena rasanya tidak begitu enak. Hingga akhirnya merugi dan menutup 60 kedai dan masih tersisa 24 kedai di sepanjang pantai timur.

24.    Starbucks diambil dari nama tokoh yang ada di novel Moby Dick, tokoh ini memiliki karakter yang konfosionel dan percaya terhadap takhayul.

25.    Pada 2008 Starbucks melincurkan program kesetian untuk pelanggan yang telah terdaftar dan dapat menikmati promo-promo yang telah ditawarkan oleh Starbucks.

26.  Majalah Consumer Report edisi 2007 membandingkan kualitas kopi Starbucks dengan McDonald’s dan ternyata Starbucks satu tinggkat di bawah McDonald’s.

27.    Starbucks telah mengganti logonya sebanyak tiga kali yang pertama berwana coklat dan yang kedua dan ketiga berwarna hijau.

28.    Logo wanita yang di Starbuck adalah Syren seorang putri duyung legenda dan mitologi Yunani kuno yang memiliki suara merdu. Logo pertama banyak mendapat kritik, karena menggambarkan Syren yang telanjang dada, kemudian diubah dengan menurunkan rambut Syren sehingga menutupinya dan terdapat simbol mercury yang cepat dalam melayani pelanggan, dan sekarang logo yang digunakan hanyalah penyempurnaan.

29.    Jim Donald diminta untuk mengundurkan diri karena pada tahun 2007 penjualan menurun dan digantikan oleh Howard Schultz.

30.    Pada 2014 Howard Schultz menjadi Ceo dan Presiden selama 10 tahun Starbuck.

31.   Produk yang di jual Starbucks adalah minuman teh kotak, kopi biji utuh, minuman pesanan, minuman botol, makanan panggang, barang dagangan, minuman frappuccino, Smooties.

32.    Tahun 1999 Hear Music di beli oleh Starbuck dan tahun 2000 meluncurkan album opera.

33.  Nama anak perusahaan yang di miliki Starbucks yaitu Starbuck Coffe Company, Tazo Tea Company, Seattle’s Best Company, Torrefazione Italia, Hear Music, Ethos Water, Evolution Fresh.

34.    Starbucks menggunakan 10% kertas daur ulang untuk membuat cangkir kertasnya.

35.    Tahun 2005 berhasil mendapat penghargaan National Recycling Coalition Recycling Works.

36.   Starbucks memberikan diskon 10% kepada pelanggan yang membawa cangkir sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penggunakan bahan ketas daur ulang.

37. Starbucks membeli merk Ethos Water yang menjual air kemasan dan memberikan label untuk meningkatkan kesadaran warga Amerika Serikat akan kepeduliannya dalam krisis air bersih.

38.    Setiap kopi yang dijual telah disesuaikan dan di kombinasi dengan selera di setiap daerah masing-masing.

39.    Kantor pusat berada di Seattle, washington, Amerika Serikat.

40.    Pada 2012 tercatat memiliki karyawan sebanyak 160.000 orang.

41.    Berhasil membeli Teavana dengan nilai saham sebesar $ 620 juta.

42.    Orin C Smith menjabat CEO dari 2001 hingga 2005.

43.    Kini Starbucks menggunkan meja bulat dan menurut psikolog benja bundar lebih banyak dipilih karena lebih nyaman untuk berkumpul dari pada meja kotak.

44.  Disejumlah daerah kedai Starbucks memilki mesin otomatis, pelnggan dapat mengkobinasikan 280 minuman. Sambil menunggu pesanan pelanggan dapat bermain dengan mesin layar sentuh ini.

45. Starbucks menghubungi para petani kopi secara langsung untuk menjamin biji kopi, pemanggangan juga dilakukan sendiri.

46.  Starbucks membuka kedai pertama kalinya di Amerika Tengah yaitu di Mexico City.

47.  Setelah kedai ditutup sesuai jadwal para baristha dilatih agar kualitas kopi terus terjaga.


Itulah fakta menarik mengenai Starbucks yang dapat kami berikan. Pantas jika kedai kopi ini laris manis, sebab mengingat mayoritas penduduk Indonesia pecinta kopi. Pastinya minuman ini tidak asing di lidah mereka.
www.lihatin.com. Powered by Blogger.
Back To Top