SEDERET INFO-INFO

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu info yang lagi trendy di tahun 2016, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website, info cpns 2016, dan lain sebagainya dan juga info seo 2016

30 March 2015

April Mop Sebagai Pembanaian Umat Muslim????

Bismillah,
Menjelang awal april, di status-status dan notes FB atau di banayk blog, dimunculkan kembali ajakan kepada kaum muslimin untuk tidak ikut2an ber April mop ria, sekaligus dimuat disitu sejarah adanya April mop itu sendiri.

Terlepas dari pada munculnya status dan notes FB, atau di blog ahlus sunnah yang berisikan nasehat, ajakan untuk tidak ikut2an tasyabbuh kepada orang kafir, dan tidak ikut2an berbohong di hari April Mop yang didakwahkan oleh para ulama, ustadz-ustadz dan teman2 di FB, maka pertanyaannya adalah, kebenaran dari kisah April mop itu sendiri seperti apa ya? Apakah benar seperti yang banyak di tuliskan pada puluhan situs di internet itu? Atau apakah benar seperti apa yang dituliskan dalam status teman2 di FB itu?

Berikut ini adalah ulasan yang cukup menarik tentang perkara ini, yang ana kutipkan dari link ini :


--------------AWAL KUTIPAN -------------

APRIL MOP, HARI PEMBANTAIAN UMAT MUSLIM ??

April Mop itu debatable, apakah hari penghinaan terhadap umat Islam atau bukan?
Apakah benar pada tanggal 1 April 1487 M itu merupakan hari pembantaian massal di Malaqah, Spanyol?

Mari kita bongkar sama-sama akar permasalahannya.

Sejauh yang saya tahu, Islam di Spanyol itu ada pada masa periode 711-1492 M, di mana penaklukan Spanyol memang ada pada panglima Tariq bin Ziyad dengan pemimpin Khalifah Al Walid I. Tariq mendarat di Gibraltar sampe Semenanjung Iberia yang daerah itu lebih dikenal dengan nama Andalusia (الأندلس).

Pertanyaan paling mendasar, siapa yang memberi nama Andalusia?

Ada sumber yang bilang kalo ini berasal dari salah satu suku jajahan Jerman yang hidup di masa periode 407-429 M, namanya suku Vandal. Meski lagi-lagi, sulit ditelusur kebenaran pasti tentang sejarah sebelum abad ke-14. Sejarah di bawah masa itu sangat sukar dicari runutan bukti otentiknya, tak heran cerita yang mengalir dari mulut ke mulutlah yang dijadikan acuan.

Balik tentang cerita Islam di Spanyol yang sempat memerintah sekitar 7 abad, di mana kronologi sejarahnya memang melewati berbagai fase:

 711-756 M - Bentuk pemerintahan Emirat yang berpusat di Damaskus
 757-759 M - Membentuk pemerintahan Emirat sendiri, sayangnya saya lupa apa namanya, coba nyari-nyari di google juga nggak ketemu. Sepertinya saya musti buka buku tentang sejarah Islam lagi nih buat dapetin sumber lebih otentiknya.
 929-1031 - Masa Kekhalifahan Cordoba
 1031-1091 - Masa Pemerintahan Taifas I
 1091-1145 - Masa Pemerintahan Al-Murabitun
 1145-1151 - Masa Pemerintahan Taifas II
 1031-1212 - Masa Pemerintahan Al-Muwahidun
 1212-1492 - Masa Pemerintahan Kerajaan Granada

Buat temen-temen yang muslim, sama guru-guru ngaji kita pastinya sering diceritain kalo Islam masuk ke tanah Spanyol di jaman Khalifah Umayyah, tahun 661 M, daerah kekuasaannya terbentang dari perbatasan barat Cina sampe Prancis Selatan, di mana masuk juga daerah-daerah seperti Afrika Utara sampai Spanyol dan Perancis di Barat Sind, dan Transoxiana Asia Tengah di Timur. Ibukotanya yang terkenal itu bernama Damaskus.

Cerita yang didapat saat kita kecil tentang Islam di Spanyol itu agak simpang-siur dalam kenyataan fakta sejarah. Sebenernya dari kapan Islam udah ada di sana?

Pun cerita tentang pembantaian umat muslim di Spanyol, dari kecil saya udah pernah mendengarnya, tapi pengkait-kaitannya dengan tanggal 1 April ini jadi pertanyaan.

Eramuslim menulis "April Mop, Hari di mana Umat Muslim Dibantai", tapi sayang penulisnya (maaf) sepertinya nggak ngeriset dengan teliti. Di situ tertulis bahwa pada tanggal 1 April tahun 1487 M bertepatan dengan 892 H, hari di mana terjadi pembantaian umat Muslim. Kalo saya yang jadi Pemrednya, minimal yang jadi redakturnya, bakalan saya omelin itu penulis, karena datanya dipertanyakan.

Tahun 1487 M itu masih ada pemerintahan Kerajaan Granada meski memang nggak stabil. Kerajaan Granada itu runtuh tahun 1492, di sini juga era di mana keruntuhan Islam di Spanyol. Masa-masa pembantaian itu ada pada tahun 1500-an Masehi pada masa pemberontakan. Ada satu kisah heroik tentang kepahlawanan Islam, Syekh Ahmad Izzah Al-Andalusy yang dulunya memusuhi Islam berbalik jadi pembela Islam, itupun ada di tahun 1525 M.

Maaf banget sebelumnya bila saya berkomentar bahwa memain-mainkan data dan sumber sejarah itu berbahaya, orang yang nggak mahfum bisa salah tangkap dan ketaqlidan itu yang akhirnya menguasai nalar dan logika berpikir. Padahal surah pertama yang diterima Rasulullah SAW itu surah Al-Alaq 1-5, kita disuruh "belajar" biar pinter tapi juga nggak minteri. Jelas-jelas ayat pertamanya begini:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

"Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan" (QS. Al Alaq : 1)

Subyektif saya bilang ada banyak hal yang meragukan tentang data pembantaian umat Muslim di tanggal 1 April tahun 1487 M ini.

Untuk konteks becanda yang sampe menipu orang lain hingga marah apalagi sampe menderita, jelas saya sangat menolak dan membenci becandaan model begini. Becanda itu harus yang sehat tanpa harus menipu orang apalagi sampe kelewat parah. Tapi pernyataan yang bilang tanggal 1 April adalah hari pembantaian umat Muslim di Spanyol, sepertinya memang harus dikaji lagi deh sumber-sumbernya.

Dengan segala kelemahan dan kekurangan, maklum manusia, diskusi ini terbuka untuk umum untuk dikaji dari banyak sisi selama tidak saling menjatuhkan. Bebas kok berpendapat dan berkomentar di halaman ini selama nggak ada niatan buat menghujat keyakinan dah kepercayaan satu sama lain sesama temen.

Saya hanya membawa misi saling mengingatkan dan saling mengoreksi, bahwa dalam kajian-kajian Islam sendiri dalam kebaikan bersama, bilamana ada yang perlu dikoreksi, ya akui aja tanpa harus malu ngakuin kalo itu salah tulis, salah sebut dan salah ngomong. Toh kita masih manusia, belom jadi tuhan dan nggak akan pernah bisa jadi tuhan meski dengan "t" kecil sekalipun. Adil itu perlu deh, adil buat semua sebagai rahmatan lil 'alamin...

Jangan salah persepsi dulu dengan tulisan ini, dengan kritis banyak mempertanyakan begini bukan berarti saya jadi berpikir kelewat liberal seperti JIL, hanya saja saya tak rela ada yang ditambah-tambahi dan dibumbu-bumbui dalam konteks menjaga kekuatan dan ukhuwah Islam tapi kebenarannya dipertanyakan, lho, itukan sama juga dengan jahat, nggak beda dengan gosip entertainment yang penting pernyataan dulu, kebenaran masalah belakangan. Kalo memang iya benar, sumber-sumbernya juga perlu dimasukkan sebagai fakta, data dan bukti yang memang benar-benar otentik...

Lain hal bilamana ada fakta, data dan bukti otentik yang menyatakan bahwa tanggal 1 April 1487 M itu adalah hari pembantaian umat Muslim di Malaqah di jaman Kerajaan Granada. Saya pun akan terdiam dan meyakini bila kebenaran itu memang benar adanya.

Yang paling penting memang, saling menjaga ukhuwah dalam kejujuran itu sendiri bersama-sama, toh Islam itu agama rahmatan lil 'alamin...

-----------KUTIPAN SELESAI-----------


ASAL USUL APRIL MOP :

Selain cerita2 seperti yang dinukil oleh banyak teman-teman di FB, cerita2 senada juga banyak dinukil oleh situs2 media, seperti misalnya :

1. Medan (ANTARA News) –
......Umat Islam sangat tak pantas merayakan “April Mop” atau “T...he April Fool Day”, karena kebiasaan itu merupakan peringatan peristiwa pembantaian umat Islam di Spanyol pada 1 April 1487 Masehi.

Umat Islam banyak yang “latah” dan merayakan April Mop tanpa mengetahui dasar dan asal muasal peristiwa tersebut, kata cendikiawan Muslim, Ir. H. Asmara Dharma, dalam tulisannya yang diterima ANTARA di Medan, Minggu.

2. Website eramuslim

Kemudian yang di website eramuslim ini, sudah dibantah di link ini :

Tanggapan Artikel Soal April Mop

3. dll banyak sekali....

4. Diantara situs2 yang menyebarkan HOAX ini ini adalah :

http://swaramuslim.net/more.php?id=1694_0_1_0_M

Namun ada situs2 yang mengklarifikasinya, diantaranya :


Nah, coba bandingkan dengan sumber fakta dan sejarah di link2 ini :


Jadi INTINYA :

Kaum Muslimin memang dilarang Tasyabbuh, dilarang berbohong dan berkata dusta, KAPANPUN ITU.

TIDAK USAH DIKAIT-KAITKAN dengan April Mop segala, yang ternyata sejarahnyapun DIPERTANYAKAN KESHAHIHANNYA, dan masih debatable..hehe....

Semoga bermanfaat.

Read more: http://abuayaz.blogspot.com/2011/04/benarkah-april-mop-adalah-hari.html#ixzz3VtKVYeBV
www.lihatin.com. Powered by Blogger.
Back To Top