SEDERET INFO-INFO

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu info yang lagi trendy di tahun 2016, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website, info cpns 2016, dan lain sebagainya dan juga info seo 2016

28 January 2015

Nama Pangkat Yang Ada di TNI AD dan POLISI

Seperti kita ketahui bersama bahwa sejak 1 Januari 2001 penyebutan nama pangkat pada Kepolisian Republik Indonesia berubah. Sudah lama ada rasa penasaran atas nama pangkat-pangkat tersebut yang menurut saya ada inkonsistensi. Entah disengaja atau memang pembuatan nama pangkat tersebut tergesa-gesa sehingga sudah telanjur dan dibiarkan saja. Toh masyarakat sipil (bukan polisi) tidak ambil pusing. Namun saya mau ambil pusing.

Untuk menyegarkan ingatan kita, daftar di bawah adalah kesepadanan pangkat TNI AD dan Polisi yang berbeda penyebutannya.
TNI AD
Polisi
Jenderal
Jenderal (tidak berubah)
Letnan Jenderal
Komisaris Jenderal
Mayor Jenderal
Inspektur Jenderal
Brigadir Jenderal
Brigadir Jenderal (tidak berubah)
Mayor
Komisaris
Letnan
Inspektur
Sersan
Brigadir

Inkonsistensi Pertama
Jika nama pangkat letnan sepadan dengan inspektur, mengapa bintang dua polisi disebut inspektur jenderal? Bukankah inspektur jenderal sepadan dengan letnan jenderal yang berbintang tiga? Ini juga diperkuat dengan jabatan inspektur jenderal pada inspektorat jenderal dipegang oleh perwira tinggi berbintang tiga.

Demikian juga dengan komisaris jenderal. Jika mayor sepadan dengan komisaris, maka polisi berpangkat bintang dua harusnya disebut komisaris jenderal.

Jika kita melihat urutan nama pangkat perwira tinggi TNI AD, yang umum di seluruh dunia, maka piramida pada prefix nama pangkat, dari pangkat lebih tinggi/besar mengerucut atau mengecil ke atas. Dari pangkat brigadir, mayor, kemudian letnan, lalu prefiks hilang untuk bintang empat alias jenderal. Dengan kata lain prefix tersebut diambil dari nama pangkat perwira di bawah jenderal. Dari pangkat perwira terendah yaitu letnan, mayor, lalu brigadir. Lho koq brigadir?

Harap diketahui bahwa brigadir (brigadier) adalah komandan brigade yang sepadan dengan kolonel. Pada masa Perang Dunia II dan sebelumnya di militer dikenal dengan nama pangkat brigadir untuk seorang kolonel. Mallaby, yang terbunuh di Surabaya pada 30 Oktober 1945, adalah berpangkat brigadir alias kolonel . Iabukan seorang brigadir jenderal.

Entah apa dasarnya nama pangkat sersan polisi diganti sebutannya dengan kolonel atau brigadir?

Inkonsistensi kedua
Mari kita sebut nama pangkat bintara dan perwira pertama polisi :

Brigadir Polisi Dua atau Bripda
Brigadir Polisi Satu atau Briptu
Ajun Inspektur Polisi Satu atau Aiptu
Inspektur Polisi Satu atau Iptu
Kemudian mengapa:
Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP?
Mengapa tidak:
Ajun Komisaris Polisi Besar atau AKPB?

www.lihatin.com. Powered by Blogger.
Back To Top