SEDERET INFO-INFO

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu info yang lagi trendy di tahun 2016, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website, info cpns 2016, dan lain sebagainya dan juga info seo 2016

11 March 2014

Tentang Buah Kaya Manfaat Waluh, serta kandungan Gizinya

labu-kuning
Akhir Oktober biasanya identik sama perayaan Halloween. Dan Halloween kerap dikaitkan dengan Labu kuning. Meski sekarang sudah bulan November, boleh dong kita bahas sedikit tentang buah yang satu ini.
halloween-jack
Labu kuning atau pumpkin atau waluh atau bahasa ilmiahnya cucurbitabukanlah asli tanaman Indonesia, sikuning ini masuk ke negara kita pada era kolonial lebih kurang abad ke 19 dari daratan amerika.
Dari beberapa jenis varietas, jenis labu kuning yang mampu tumbuh bagus di Indonesia adalah varietas C. moschata dan jenis C. pepo,  perbedaan diantara kedua varietas dapat terlihat dari bentuk buahnya. Dan yang paling mengagumkan tentang kandungan nutrisi buah labu kuning ini lebih bagus yang tumbuh di daratan tropis, termasuk negara indonesia.
Waluh/Labu kuning dikenal sarat gizi karena memiliki kandungan serat, vitamin, dan karbohidrat yang  tinggi. Selain itu,didalam waluh juga  terkandung 34 kalori, lemak 0.8, 45mg kalsium, dan mineral 0.8mg.
Kandungan gizi labu kuning selengkapnya dapat dilihat di tabel berikut:
Nilai gizi  per 100 g labu segar.
KandunganNilai NutrisiJumlah % RDA
Energi26 Kcal1%
karbohidrat6.50 g5%
Protein1.0 g2%
Total lemak0.1 g0.5%
Kolesterol0 mg0%
Serat Pangan0.5 g2%
Vitamin
Folat16 mcg4%
Niasin0.600 mg4%
Pantothenic acid0.298 mg6%
Pyridoxine0.061 mg5%
Riboflavin0.110 mg8.5%
Thiamin0.050 mg4%
Vitamin A7384 IU246%
Vitamin C9.0 mg15%
Vitamin E1.06 mg7%
Vitamin K1.1 mcg1%
Elektrolit
Sodium1 mg0.5%
Potasium340 mg7%
Mineral
Kalsium (Ca)21 mg2%
Tembaga (Cu)0.127 mg14%
Besi (Fe)0.80 mg10%
Magnesium12 mg3%
Mangan0.125 mg0.5%
Pospor44mg5%
Selenium0.3 mcg<0.5%
Seng0.32 mg3%
Phyto-nutrisi
Carotene-α515 mcg===
Carotene-ß3100 mcg===
Crypto-xanthin-ß2145 mcg===
Lutein-zeaxanthin1500 mcg===
(Sumber: USDA National Nutrient data base)
Selain itu, labu kuning ini memiliki kandungan air yang tinggi, tetapi hal yang sangat keren adalah labu adalah bahan pangan super karena jumlah kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Ada juga 14 fitonutrien ditemukan di labu . Fitonutrien adalah nutrisi alami dari bahan makanan , dan sampai sekarang masih banyak penelitian lebih lanjut tentang labu kuning ini.
Dan karena memiliki kandungan serat pangan yang cukup, buah labu kuning dapa juga di andalkan untuk memperbaiki sistem pencernaan menjadi semakin sehat. Untuk memiliki kesehatan pencernaan usia dewasa normal membutuhkan 20 hingga 35 gram serat pangan setiap hari, Serat sangat membantu dalam mencerna makanan secara efisien, tentu keuntungan dari tubuh adalah menyerap nutrisi dari makanan dengan baik.
Dalam dunia gizi dan kesehatan, sudah lama diketahui bahwa Labu adalah pabrik alami untuk berbagai jenis vitamin anti-oksidan termasuk kaya vitamin A,  vitamin C dan juga vitamin E. Dengan haya berat 100 gram buah labu segar menyimpan rata-rata 7384 mg IU (International Unit) Vitamin A, ini adalah bukti yang mengagumkan tentang nutrisi Cucurbita setara dengan menyediakan sekitar 246 persen total kebutuhan harian.
Selain itu, dalam si kuning ini juga terdapat senyawa-senyawa yang memberikan warna kuning ( secara fisik labu berwarna oranye terang)  yang dapat melindungi paru-paru dari serangan kanker, tidak hanya sebatas melindungi kesehatan paru-paru, dan bahkan dari senyawa yang sama dapat mencegah terjadinya penyakit serangan jantung. Berdasarkan dari ulasan artikel yang diterbitkan dalam ” Nutrition Research Review” telah menjelaskan bahwa buah labu dapat menekan terjadinya peradangan yang menjadi penyebab gangguan kesehatan kronis, termasuk kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan penyakit arthritis.
Yang lebih oke lagi, ternyata simbol seram hallowen ini baik banget buat bayi lho. Dikutip dari bayi.info Labu kuning merupakan buah yang memiliki kandungan gizi serta serat yang baik untuk bayi. Teksturnya yang lembut dan mampu diolah menjadi berbagai macam makanan ataupun kue sangat baik untuk pencernaan anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Berbagai kebutuhan gizi yang baik untuk tubuh anak mulai vitamin A, vitamin C, vitamin B, protein, lemak sehat, kalsium, fosfor, hifdrat, kalori dan zat besi semuanya terkandung dengan porsi yang pas dalam labu kuning.
Beberapa manfaat labu kuning untuk bayi:
  1. Labu kuning bisa dijadikan makanan pengganti nasi, kandungan karbohidrat dan juga gizi lainnya telah memenuhi kebutuhan gizi anak dalam masa pertumbuhannya
  2. Bagi anak usia kurang dari sembilan bulan, mengkonsumsi bubuk labu cukup sebesar 2,5 gram dan hal ini telah memenuhi kebutuhan vitamin serta kebutuhan tubuh lainnya. Selain mengkonsumsi labu kuning, bayi dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi makanan lain yang memenuhi syarat empat sehat lima sempurna
  3. Tekstur labu yang lembut, akan membantu pencernaan anak bekerja dengan baik sehingga labu kuning baik untuk kesehatan lambung
  4. Kandungan gizi dalam labu kuning memabantu anak mempercepat proses perkembangan tubuhnya dan merangsang kecerdasan otaknya
  5. Labu kuning memiliki rasa yang manis dan warna yang menarik, bisa dipastikan anak-anak akan menyukainya
  6. Olahan labu bukan hanya sereal, bubur dan juga kue tetapi perkembangan yang ada saat ini telah menciptakan inovasi baru dari labu sebagai makanan pendamping semisal es cream, makanan ringan, sirup, saos manis, selai, permen dan makanan lain yang banyak disukai anak-anak
  7. Air buah dari labu kuning dipercaya mampu membunuh racun dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk kesehatan anak yang masih rentan terhadap racun, bakteri maupun virus dari luar
  8. Bukan hanya buah labu kuning yang bermanfaat, biji labu kuning mampu menjadi obat cacingan pada anak
  9. Labu kuning juga mampu menurunkan panas demam anak, radang, diare,dan disentri pada anak. Jika buah hati Anda tengah sakit panas, cobalah untuk memberikan olahan labu kuning sehingga panas demamnya akan turun
  10. Riset di salah satau universitas menyebutkan bahwa labu kuning bisa mencegah sejak dini potensi terserang jantung koroner dan kanker. Dengan pemberian labu pada anak sejak bayi, di usianya dewasa nanti diperkirakan akan terhindar dari penyakit jantung maupun kanker dan penyakit berat lainnya
Yang tak kalah keren juga adalah bahwa ternyata labu kuning merupakan salah satu buah yang awet dan tahan lama yang bisa disimpan hingga waktu sampai tiga bulan tanpa mengurangi kandungan gizi maupun nutrisi di dalamnya.
Hebatnya lagi, tak hanya daging buah si labu yang dapat kita konsumsi, bijinya pun enak dinikmati setelah diolah sebagai kuaci. Penganan dan olahan berbahan labu kuning sarat manfaat lainnya dapat dicoba seperti dalam resep dari blog berikut ini:
BROWNIES LABU KUNING
p1070307
Bahan:
120 g tepung terigu
150 g labu kuning, kukus, haluskan
200 g margarin
2 sdm cokelat bubuk
4 butir telur, kocok hingga mengembang
200 g dark cooking chocolate, potong-potong
150 g gula pasir
60 g potongan kacang almond/kenari
¼ sdt garam halus
Taburan:
100 g keju cheddar, parut
Cara Membuat:
  1. Panaskan margarin hingga meleleh, angkat. Masukkan potongan cokelat, gula pasir dan garam, aduk hingga cokelat meleleh dan gula larut. Dinginkan hingga hangat.
  2. Di tempat terpisah, kocok telur menggunakan mixer hingga mengembang. Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk dan labu kuning ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula plastik hingga rata.
  3. Tuang margarin, cokelat dan gula yang telah dilelehkan ke dalam adonan telur. Aduk rata sambil masukan irisan almond. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialas dengan kertas roti dan diolesi margarin, ratakan. Taburi atasnya dengan keju cheddar parut.
  4. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 45 menit atau hingga kue matang. Angkat. Potong-potong. atur di dalam piring saji, hidangkan.
Untuk 12 potong

Jangan Berbicara yang tidak mengandung inti artikel..
- Berbicaralah yang baik
- Apalagi kalau anda hanya mencari BACKLINK

www.lihatin.com. Powered by Blogger.
Back To Top