10 Lagu Lokal Yang Pernah Dicekal

Pencekalan lagu barangkali sudah menjadi cerita masa lalu. Namun, bukan berarti tak menarik lagi untuk dibicarakan. Setidaknya, kisah pencekalan tersebut bisa menjadi kenangan agar tak terulang.

Biasanya, pencekalan lagu dilakukan gara-gara liriknya yang dinilai melanggar norma yang berlaku di masyarakat. Atau, dalam bahasa masa lalu, melanggar SARA.Berikut 10 Lagu Lokal yang pernah di Cekal di Indonesia,dikutip dari Hot.detik:

1. Udin Sedunia
Udin Sedunia
Sosoknya melejit lewat aksinya di YouTube lewat lagu 'Udin Sedunia', Sualuddin kemudian dikenal dengan nama seperti judul lagunya, Udin Sedunia. Maksudnya tentu saja menghibur lewat lirik lagu yang memplesetkan macam-macam nama Udin, tapi justru berbuah pencekalan.

Lagu yang dirilis 2011 lalu itu dinilai mengandung SARA. Namun, akhirnya pencekalan itu dicabut dan akhirnya lagu ini bisa berdendang kembali.

2. Sketsa Setan yang Bisu
Sketsa Setan yang Bisu
Bukan menjadi hal baru jika lagu-lagu Iwan Fals mendapatkan pencekalan. Lagu-lagunya yang berlirik kritik sosial yang keras, Iwan tak hanya satu-dua kali merasakan pahitnya pencekalan.

Salah satunya adalah lagu 'Sketsa Setan yang Bisu' yang hilang dari peredaran pada 2000 lalu.

3. Mimpi Siang
Mimpi Siang
Doel Sumbang terkenal lewat lirik-lirik lagu yang jenaka yang mudah dicerna namun sarat makna. Namun, 'makna' itu pula yang menyebabkan salah satu lagunya, 'Mimpi Siang' dicekal di era 80'an.

Lagu tersebut dinilai terlalu keras mengkritik pengusaha zaman itu.

4. Cinta Satu Malam
Cinta Satu Malam
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga sempat mengeluarkan pencekalan terhadap lagu dangdut 'Cinta Satu Malam' milik Melinda. Lirik lagu yang dirilis pada 2012 itu dinilai terlalu vulgar.

5. Satu Jam Saja
Satu Jam Saja
Melejit lewat 'Satu Jam Saja' pedangdut Zaskia Gotik juga sempat merasakan pahitnya dicekal. Tapi hal itu tak berlangsung lama dan hanya beberapa saat saja pencekalan itu terjadi pada akhir 2012 lalu.

6. Belah Duren
Belah Duren
Kontroversi sepertinya memang sudah melekat di tubuh pedangdut seksi, Julia Perez. Mulai dari lagu hingga pakaiannya pun sudah mengundang kontroversi.

Jupe sendiri juga sempat merasakan pahitnya pencekalan pada 2012. Lagu sensualnya 'Belah Duren' dicekal oleh Komisi Penyiaran Indonesia karena dinilai terlalu seksi.

7. Paling Suka 69
Paling Suka 69
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) ternyata tak hanya mencekal satu lagu dari Jupe. KPI juga mencekal lagu Jupe lainnya yang berjudul 'Paling Suka 69'.

Alasannya pun sama dengan pencekalan lagu 'Belah Duren' milik Jupe. Lirik dalam lagu tersebut dinilai terlalu vulgar.

8. Mari Bercinta 2
Mari Bercinta 2
Judul 'Mari Bercinta 2' memang terdengar sedikit nakal, lagu milik Vicky Shu yang dirilis pada 2011 itu pun juga sempat merasakan pencekalan. Lagu itu disebut terlalu porno hingga mendapat pecekalan.

9. Hamil Duluan
Hamil Duluan
Lagu 'Hamil Duluan' begitu tenar bahkan ketenaran lagu tersebut melewati ketenaran sang punya lagu yaitu Tuti Wibowo. Namun, di balik kesuksesan lagu tersebut terselip kontroversi.

Lirik 'Hamil Duluan' dinilai terlalu vulgar dan tak pantas diputar di TV. Hingga akhirnya Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) mencekal lagu tersebut.

10. Apa Aja Boleh
Apa Aja Boleh
Pesinetron Della Puspita sempat mencicipi dunia tarik suara dengan merilis single 'Apa Aja Boleh'. Sayangnya, single tersebut tak berjalan lancar karena mendapat pencekalan pada 2012.

Lagi-lagi alasan lirik terlalu vulgar menjadi alasan lagu tersebut tak bisa diedarkan.
 
 
10 Lagu Lokal Yang Pernah Dicekal
Judul: 10 Lagu Lokal Yang Pernah Dicekal
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh : M Bagus Ainurrahman

Post a Comment and Don't Spam!

Jangan Berbicara yang tidak mengandung inti artikel..
- Berbicaralah yang baik
- Bila anda hanya mencari BACKLINK mungkin di www.muhamad-bagus.web.id yang ber PageRank (4)

Powered by Blogger.