SEDERET INFO-INFO

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu info yang lagi trendy di tahun 2016, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website, info cpns 2016, dan lain sebagainya dan juga info seo 2016

3 March 2013

SEBUAH PLANET BARU LAHIR



Ketika seorang wanita mengandung, ia mungkin akan meminta dokter untuk melakukan USG. Dokter akan melihat si calon jabang bayi di dalam perut sang ibu. Para astronom melakukan hal yang sama seperti si dokter pada bintang. Dan itu tidak disengaja! Sewaktu mengamati piringan gas di sekeliling bingang, mereka terkejut saat melihat ada bayi planet tumbuh di dalamnya. Untuk pertama kalinya sebuah planet berhasil diamati pada usia yang sangat dini. Gambar ini mengilustrasikan bagaimana kira-kira wujud si planet.
Ilustrasi planet yang sedang bertumbuh di sistem bintang HD 100546. Kredit: ESO
Ilustrasi planet yang sedang bertumbuh di sistem bintang HD 100546. Kredit: ESO
Astronom menyebut planet-planet di luar Tata Surya kita dengan istilah exoplanet. Pencarian exoplanet merupakan salah satu topik menarik di dunia astronomi saat ini. Hingga saat ini sekitar 850 exoplanet telah ditemukan, namun bisa memotretnya secara langsung sangatlah jarang terjadi. Hal ini disebabkan karena planet terlampau redup daripada bintang dan tenggelam dalam terangnya cahaya bintang. Hal ini bisa dibayangkan seperti misalnya jika kalian berusaha melihat pesawat melintas di depan Matahari yang bersinar terang-benderang.
Bintang muda ini telah diketahui mempunyai sebuah planet yang mengelilinginya pada jarak sejauh 6 kali lipat jarak Bumi ke Matahari. Nah, planet yang baru ini berada pada jarak 10 kali lipat jauhnya. Si planet ini masih sangat muda tapi tidak kecil sama sekali. Para astronom memperkirakan ukurannya hampir sama dengan Jupiter, yang sanggup memuat 1.000 Bumi.
Para astronom menduga kalau planet-planet raksasa tumbuh berkembang dengan cara menangkap gas dan debu yang tersisa setelah pembentukan bintang. Hasil pengamatan yang baru mendukung dugaan ini: si planet berada jauh di dalam piringan materi yang mengelilingi bintang, dan ada banyak lokasi tempat planet dan bintang masih berinteraksi langsung.

Fakta menarik: Exoplanet terbesar yang pernah ditemukan diberi nama CD-35 2722. Planet raksasa ini lebih besar 10.000 kali lipat daripada Bumi.

Sumber: Universe Awareness Space Scoop ; saduran bahasa indonesia bisa dibaca juga di sini

Jangan Berbicara yang tidak mengandung inti artikel..
- Berbicaralah yang baik
- Apalagi kalau anda hanya mencari BACKLINK

www.lihatin.com. Powered by Blogger.
Back To Top